ZIARAH MAKAM WONOBODRO

Nama Wonobodro Mungkin Tak Terdengar Asing Di Telinga Masyarakat Muslim Di Tanah Jawa. Bagi Para Peziarah, Wonobodro Tentu Menjadi Tujuan Wajib Karena Terdapat Makam Ulama Terkemuka, Yakni Syekh Maulana Malik Ibrahim Atau Sunan Makdum As-Samarkandy Atau Biasa Dikenal Syekh Maghribi.

Makam Syekh Maghribi Berada Di Bukit Wonobodro, Perbukitan Yang Tak Begitu Tinggi Di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Banyak Yang Menyebut Kawasan Ini Sebagai Kampung Wali, Karena Ulama Penyebar Islam Ini Berusia Cukup Tua Sebelum Hadirnya Walisongo Di Tanah Jawa.

Selain Di Wonobodro, Makam Syekh Maghribi Memang Diyakini Ada Di Daerah Lain, Seperti Di Gresik, Pemalang Dan Yogyakarta. Di Wonobodro, Komplek Makam Syekh Maghribi Masih Asri Dan Terjaga Kealamiannya. Selain Syekh Maghribi, Juga Terdapat Makam Ki Ageng Wonobodro Atau Ki Ageng Pekalongan, Tokoh  Pendiri Kota Pekalongan, Syekh Jambu Karang, Syech Bahurekso, Syekh Fakir Sugih, Serta Beberapa Makam Pengikut Syekh Maghribi.

Lokasi Makam Dengan Pusat Kota Batang Terbilang Cukup Jauh, Yakni Sekitar 27 Kilometer Ke Selatan. Namun Situs Makam Ini Terbilang Ramai Pengunjung, Baik Jawa Dan Luar Jawa. Wonobodro Bahkan Lama Masyhur Sebagai Wisata Religi Paling Legendaris Di Jawa Tengah.

Makam Wonobodro Biasanya Akan Dibanjiri Ribuan Orang Ketika Memasuki Bulan Ramadhan Dan Idul Fitri. Namun Paling Banyak Yakni Pada 13 Muharam, Tepat Tanggal Wafatnya / Khaul Syekh Maghribi banyak dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai sudut tanah air mulai dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan bahkan dari Luar Pulau Jawa. Sehingga Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memasukkan Komplek Makam Auliya Wonobodro ini sebagai salah satu tempat wisata religi andalan di Kabupaten Batang.

Menurut Juru Kunci Dan Masyarakat Sekitar Mempercayai Situs Makam Syekh Maghribi Adalah Situs Makam Tokoh Penyebar Islam Tertua Dan Sebagai Kampung Wali Sebelum Menyebar Ke Sudut-Sudut Pulau Jawa.

Maysrakat Sekitar Meyakini Bahwa Syekh Maghribi Tidak Hanya Meninggalkan Jejak Di Wonobodro Melainkan Juga Membuat Pemukiman Dan Meninggal Di Tempat Ini.

Berdasarkan Nama Wonobodro Dahulunya Merupakan Kawasan Hutan Yang Dijadikan Tempat Untuk Melakukan Bebadran. Bebadran Memiliki Arti Orang-Orang Yang Melakukan Laku Tertentu Untuk Mencapai Kemuliaan Hidup. Kemuliaan Hidup Bisa Berupa Pemangku Jabatan Atau Kekuasaan Untuk Mendapatkan Penghormatan Tertinggi Di Masyarakat.

Karisma Syekh Maghribi, Dikenang Oleh Seluruh Masyarakat Islam Pantai Utara. Beliau Pula Yang Merupakan Tokoh Pendiri Pesantren Pertama Di Tanah Jawa. Putra Dari Ulama Persia, Maulana Jumadil Kubro, Itu Datang Ke Tanah Jawa Dari Negeri Champa (Kamboja) Sekitar Tahun 1400-An.

Tempat Bermunajat

Masyarakat Islam Pesisir Meyakini Bahwa Bermunajat / Berwasilah Di Makam Syekh Maghribi Kemungkinan Besar Keinginannya Cepat Terkabul, Bukan Hanya Masyarakat Biasa, Banyak Tokoh-Tokoh Islam, Habib, Ulama Dan Sejumlah Pejabat Kerap Berziarah Ke Tempat Ini.

Tak Hanya Magnet Makam, Di Bukit Wonobodro Juga Terdapat Sebuah Pancuran Yang Diyakini Sebagai Petilasan Tempat Mengambil Wudhu Syekh Maghribi. Banyak Peziarah Yang Mengambilnya Untuk Dibawa Pulang. Konon, Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit.

Tidak Jauh Dari Situs Makam, Ada Juga Sebuah Pohon Besar Berdiameter Delapan Meter. Masyarakat Setempat  Menyebutnya Pohon Jlamprang, Karena Memiliki Penampakan Urat-Urat Kayu Yang Sudah Tua Dan Garis-Garis Amat Menonjol. Dilihat Dari Lingkaran Pada Lapisan Kayunya, Diperkiraan Pohon Ini Hidup Satu Zaman Dengan Syekh Maghribi.

Dari Penuturan Juru Kunci Pohon Tersebut Merupakan Tongkat Syekh Maghribi Yang Ditancapkan Saat Hendak Solat. Begitu Lamanya Salat Syekh, Hingga Tumbuh Menjadi Pohon

Alhamdulillah Dewan Guru YMAH Juga Sering Berziarah Ke Wonobodro, Kadang Seminggu Sekali Atau Paling Tidak Sebulan Sekali Selalu Menyempatkan Waktu Untuk Datang Ke Tempat Ini Untuk Melakukan Ziarah / Bermunajat / Napak Tilas Perjalanan Syekh Maghribi.

Untuk Alumni Kalau Tidak Keberatan Bisa Menambahkan Nama – Nama Auliya’  Di Wonobodro Untuk Tawasul / Wasilah, Syukur Bisa Berziarah Langsung Mengikuti Jejak Para Dewan YMAH.


Lokasi Makam

Komplek Makam Wonobodro Batang Berada perbukitan tak begitu tinggi di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kabupaten ini tepat berada di sebelah Timur Kabupaten Pekalongan, yang dilewati jalan Pantai Utara Jawa, dengan jalur tengkorak Alas Roban.